Biaya membuat paspor – ANTARA News

Biaya membuat paspor di Indonesia merupakan hal yang perlu dipertimbangkan oleh setiap warga negara yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pemerintah dan berfungsi sebagai identitas dan izin untuk keluar masuk ke negara lain.

Menurut informasi dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, biaya membuat paspor terbaru telah direvisi pada tahun 2021. Biaya pembuatan paspor reguler untuk umum sebesar Rp 355.000 untuk masa berlaku 5 tahun. Sedangkan biaya pembuatan paspor untuk anak-anak di bawah 5 tahun sebesar Rp 155.000 untuk masa berlaku 5 tahun.

Biaya pembuatan paspor tersebut dapat dikeluarkan di kantor Imigrasi terdekat atau melalui layanan online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Proses pembuatan paspor biasanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung dari jenis paspor yang dipilih.

Selain biaya pembuatan paspor, terdapat juga biaya tambahan yang perlu diperhatikan oleh calon pemohon paspor. Biaya tambahan tersebut meliputi biaya pengurusan dokumen tambahan seperti surat keterangan dari desa atau kelurahan, biaya pengurusan foto, dan biaya administrasi lainnya.

Penting bagi setiap warga negara yang ingin membuat paspor untuk memperhatikan biaya-biaya tersebut agar tidak terjadi kendala atau keterlambatan dalam proses pembuatan paspor. Biaya membuat paspor memang tidak terlalu mahal, namun tetap perlu diperhitungkan sebagai bagian dari persiapan perjalanan ke luar negeri.

Dengan memiliki paspor, warga negara Indonesia dapat melakukan perjalanan ke berbagai negara di dunia dengan lebih mudah dan aman. Paspor adalah dokumen yang sangat penting dan harus dijaga dengan baik selama masa berlakunya. Oleh karena itu, segera persiapkan biaya membuat paspor dan segera ajukan permohonan paspor untuk mendukung rencana perjalanan Anda ke luar negeri.

By jgpiwjqpasd
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.